Jumat, 09 November 2012

rangka

Gambar tulang lengan Susunan Rangka Apendikuler dan Gambar
Susunan Rangka Apendikuler dan Gambar – Sebelumnya Bu Hana telah mengajarkan materi mengenai Susunan Rangka Aksial beserta gambar-gambar. Kali ini adalah lanjutan dari materi tersebut, yaitu Susunan Rangka Apendikuler dan juga gambar-gambarnya. Mari kita belajar. Rangka apendikuler tersusun atas 126 buah tulang yang meliputi tulang anggota gerak (tungkai), gelang bahu, dan gelang panggul.

Susunan Rangka Apendikuler dan Gambar


Tungkai terdiri atas tungkai atas (lengan) dan tungkai bawah (kaki). Tu­lang lengan dibagi menjadi tulang lengan atas (humerus) yang berhubungan dengan dua tulang pada lengan bawah, yaitu tulang pengumpil (radius) dan tulang hasta (ulna) (Gambar 3.12). Radius dan ulna berhubungan dengan 8 ruas tulang pergelangan tangan (karpus), 5 ruas tulang telapak tangan (metakarpus), dan 14 ruas tulang jari (falang). Ada tiga falang pada tiap jari, kecuali dua falang pada ibu jari.
Tulang kaki Susunan Rangka Apendikuler dan Gambar
Gambar : Tulang kaki
Bagian utama kaki terdiri atas tiga tulang, yaitu tulang paha (femur), tulang kering (tibia), dan tu­lang betis (flbula). Femur merupakan tulang terpan­jang dan terkuat. Femur berhubungan dengan tibia dan fibula melalui tempurung lutut (patela) (Gam­bar 3.13). Adapun tibia dan fibula berhubungan de­ngan 7 ruas tulang pergelangan tulang kaki (tarsus), 5 ruas tulang telapak kaki (metatarsus), dan 14 ruas tulang jari (falang). Tibia yang panjang berfungsi me­nyokong berat tubuh, sedangkan fibula yang ramping membantu mengatur pergerakan pergelangan kaki. Tulang pergelangan kaki yang terbesar adalah tulang tumit (kalkaneus).

Susunan Rangka Apendikuler dan Gambar

Rangka Apendikuler Susunan Rangka Apendikuler dan Gambar
Gambar : Rangka Apendikuler
Gelang bahu (pektoral) yang terletak di pangkal humerus terdiri atas dua tulang selangka (klavikula) dan dua tulang belikat (skapula). Di klavikula, tu­lang apendikuler berhubungan dengan tulang aksial, yaitu sternum.
Gelang panggul (pelvis) tersusun atas lima tulang, yaitu ilium, pubis, iskium, sakrum, dan koksi, yang menyatu sehingga tampak seperti satu tulang. Ilium bergabung dengan sakrum pada dasar vertebrae. Tu­lang-tulang pelvis berfungsi melindungi organ-organ dalam yang lunak, seperti usus atau uterus pada perempuan. Pelvis perempuan berbeda dari pelvis laki-laki. Rongga pelvis perempuan lebih dangkal dan be­ruang dibandingkan rongga pelvis laki-laki (Gambar 3.14).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar